muatmuat – Transformasi digital telah menjadi kunci sukses dalam mengoptimalkan proses logistik dan ekspor-impor di Indonesia. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyoroti dampak positif yang muncul dari implementasi Sistem Indonesia National Single Window (SINSW) dalam layanan pemerintah terkait ekspor-impor.

Peran Sistem Indonesia National Single Window (SINSW)

Lembaga National Single Window (LNSW) Kementerian Keuangan secara aktif terlibat dalam memperkuat INSW melalui Rapat Koordinasi Dewan Pengarah periode II tahun 2023. Rapat ini membahas isu-isu strategis, termasuk tata kelola data, Service Level Agreement, Unit Layanan Single Window (ULSW), dan Harmonisasi Kode Pelabuhan/Bandara.

Isu Strategis dalam Transformasi Digital

Tata kelola data dan informasi pada SINSW menjadi perhatian utama dalam mendukung efisiensi ekspor-impor. Service Level Agreement (SLA), ULSW, dan Harmonisasi Kode Pelabuhan/Bandara juga menjadi fokus untuk memastikan keterpaduan dan keberlanjutan proses.

Tujuan Penguatan INSW

Rapat Koordinasi ini bertujuan meningkatkan tata kelola ekspor-impor untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelaku usaha. Menteri Keuangan berkomitmen untuk mengoptimalkan potensi pengembangan INSW/SINSW melalui harmonisasi, sinkronisasi, dan simplifikasi proses bisnis.

Potensi Pengembangan INSW/SINSW

Potensi pengembangan mencakup penguatan Maritime Single Window, sistem pelacakan dokumen dan barang, SPBE (MPP Digital dan SMART ASN), dukungan sistem dan infrastruktur Badan Karantina Indonesia, Technical Assistance Pengembangan National Single Window, dan fasilitas layanan B2B dalam kerangka logistik.

Dukungan dari Kementerian/Lembaga (K/L)

Melibatkan 17 K/L sebagai anggota Dewan Pengarah INSW, Rapat Koordinasi ini memastikan keterlibatan seluruh sektor terkait. Dukungan penuh diharapkan agar sistem informasi bagi pelaku usaha terus ditingkatkan, menggerakkan aktivitas ekonomi Indonesia.

Harapan Menteri Keuangan

Menteri Keuangan berharap dukungan dari seluruh K/L untuk memastikan sistem informasi yang efektif, memacu aktivitas ekonomi menuju tingkat kepastian yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Transformasi digital dalam ekspor-impor Indonesia, terutama melalui INSW/SINSW, memiliki dampak positif yang signifikan. Upaya bersama pemerintah dan pelaku usaha dalam mengoptimalkan sistem ini diharapkan membawa keuntungan ekonomi yang berkelanjutan.

FAQs:

  • Apa itu SINSW?

SINSW merupakan singkatan dari Sistem Indonesia National Single Window, sebuah sistem untuk menyederhanakan proses ekspor-impor.

  • Bagaimana INSW dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi?

Dengan mengoptimalkan proses bisnis dan memberikan kepastian, INSW berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi melalui efisiensi ekspor-impor.

  • Apakah potensi pengembangan lainnya di luar INSW?

Ya, termasuk penguatan Maritime Single Window, pelacakan dokumen, SPBE, dan dukungan teknis bagi pengembangan National Single Window.

  • Berapa banyak K/L yang terlibat dalam Dewan Pengarah INSW?

Rapat Koordinasi melibatkan 17 Kementerian/Lembaga sebagai anggota Dewan Pengarah INSW.

  • Bagaimana pelaku usaha dapat mendapatkan manfaat dari transformasi digital ini?

Dengan dukungan penuh dari K/L, sistem informasi yang ditingkatkan akan memberikan kepastian dan efisiensi, memberikan peluang bisnis yang lebih baik.

Related Post